Peluang Bisnis Limbah Garment

Halo semuanya Warga dan Pencinta Griya Bukit Jaya🙂

Terimakasih atas komen-komen yang diberikan selama ini atas posting di website/weblog ini.

Di artikel sebelumnya mengenai sekolah, anda tentu sudah mempunyai pilihan sekolah terbaik untuk putra-putri anda. Semoga demikian. Bagi yang masih kesulitan atau ragu-ragu jangan sungkan2 untuk bertanya dengan memberikan komen di artikel terkait.

Dalam keadaan ekonomi yang berubah secara drastis terutama dengan naiknya harga minyak dunia dan disusul oleh kenaikan BBM di semua negara, tentu saja nilai uang semakin merosot. Dibutuhkan kejelian untuk memperoleh uang tambahan.

Memulai bisnis merupakan solusi yang tepat, baik sebagai sampingan maupun sebagai sumber penghasilan utama. Mungkin anda bertanya, bisnis apa yang dapat saya mulai? Mau buka warung kelontong, tetangga saya sudah buka, mau buka restoran…yang ada sekarang juga pada tutup. Pertanyaan seperti ini kadangkala tidak pernah berakhir dan seiringkali tanpa jawaban yang membuat pikiran tenang.

Pada kesempatan ini saya ingin share tentang sebuah peluang usaha yang sebenarnya cukup menjanjikan bila ditekuni. Intinya, saya ingin menyarankan anda untuk berinvestasi, baik dalam bentuk uang maupun waktu anda. Keduanya merupakan keharusan, karena salah satu akan membuat keadaan tidak seimbang dan investasi anda bisa berakhir sia-sia alias tidak menghasilkan apa-apa.

 

Investasi di Pengolahan Limbah Garment

Mungin kedengaran agak aneh bagi anda. ”Masa sih, investasi di limbah?”, barangkali ini pertanyaan pertama yang muncul di benak anda. Sayapun menanyakan hal yang sama pada awalnya. Tetap setelah saya melakukan observasi langsung, saya sangat terkejut dengan keunggulan bisnis ini.

Jika anda punya uang sekitar 5 sampai 10 juta, anda dapat memulai bisnis ini. Anda boleh menghubungi pabrik-pabrik garment ataupun penampung utama yang sudah melakukan pengambilan limbah dari pabrik selama ini. Penampung utama biasanya hanya menampung dan menjualnya ke penampung selanjutnya yang akan melakukan pemilahan sebelum limbah tersebut dijual ke pengrajin, pabrik daur ulang, dll.

Ternyata setelah dilakukan pemilahan, nilai limbah tersebut akan jauh meningkat. Harga pembelian biasanya dilakukan secara borongan dengan harga berkisar dari Rp400 hingga Rp600 /kg. Setalah dilakukan pemilahan, maka anda dapat menjual dengan harga yang bervariasi, ada yang Rp 800, Rp 1500, Rp 2000, Rp 4000, Rp 8000, tergantung dari jenis kain, warna dan lebarnya. Limbah katun putih seukuran 15 X 15 cm misalnya dapat dijual dengan harga minimal Rp2000/kg.

Dari pengalaman, biasanya limbah yang telah disortir akan terjual dengan keuntungan 100% minimal. Bila anda beruntung mendapatkan limbah yang rata-rata bagus bahkan bisa 200% hingga 300%, setalah dikurangi semua biaya termasuk ongkos angkut dan tenaga untuk melakukan sortir.

Jika anda ingin mencoba, anda dapat menghubungi pabrik-pabrik garment ataupun penampung limbah setempat. Biasanya mereka tidak jauh dari pabrik. Di Gumung Putri penampung utama seperti ini cukup banyak di daerah Wanaherang dan Karanggan Puspasari. Di Karanggan, bahkan tersedia kios2 untuk limbah yang sudah dipilah.

Di daerah Sukabumi, salah satu penampung yang cukup besar ada di daerang Cidahu. Biasanya barang di sini cukup banyak dan harganya relatif lebih murah.

Nah, peluang yang dapat anda manfaatkan ada beberapa:

  1. Menjadi penampung sementara sebelum dilempar ke pengrajin atau daur ulang
  2. Menjadi pengrajin atau penglahan ulang, seperti memproduksi lap, masker dan hasil kerajinan lain
  3. Menjadi investor dan bekerjasama dengan orang yang anda percaya untuk menjalankan bisnis no1 atau no 2.

Bagaimana dengan investasi waktu yang saya maksudkan?

Apabila anda ingin menjalankan bisnis ini, anda tetap harus menentukan sistemnya dan aturan mainnya. Anda juga perlu melakukan penjelajahan untuk mencari tempat pembelian dan terutama penjualannya.

Anda juga perlu menginvestasikan waktu untuk membina hubungan baik dengan para relasi bisnis anda. Namun tidak berarti anda harus meninggalkan pekerjaan anda saat ini. Intinya anda harus sediakan waktu ekstra untuk memulai, mengendalikan dan membesarkan usaha anda.

Bagai yang ingin share, silahkan memberi komentar.

Selamat Berbisnis…

Manuntun Sitinjak MM

11 Responses to Peluang Bisnis Limbah Garment

  1. dailami says:

    ibu manuntun yang saya hormati,

    saya adalah seorang karyawan perusahaan swasta. sungguh saya sangat ingin memiliki usaha. bahkan sekarang ini saya memiliki keinginan berwirausaha dan kelak jika penghasilan usaha saya melebihi penghasilan kerja. saya akan fokus pada usaha yang saya jalankan.

    saya bukan keturunan seorang wirausaha. tapi keinginan saya sangat kuat dalam mencoba di bidang wirausaha. saya sudah mencoba nekat dengan mencoba menjual voucher HP.

    saya ingin mencoba pada usaha yang lebih besar. dan saya kira postingan kali ini sangat menarik perhatian saya. kebetulan juga GBJ nggak terlalu jauh dari rumah saya.

    boleh saya tahu lebih detail lagi bagaimana cara memulai suatu usaha yang menurut saya cukup langka namun menjanjikan ini??

    mohon bantuannya dan terima kasih

    Like

  2. griyabukitjaya says:

    Mas (atau Mba Dailami ..maaf) yth,

    Terimakasih atas komentarnya pada postingan ini, dan mohon maaf baru bisa reply sekarang.
    Pertama saya ingin ucapkan SELAMAT atas keinginan anda untuk menjadi seorang wirausahawan.
    Anda benar, untuk menjadi seorang entrepeneur, tidak harus menjadi keturunan wirausaha. Menjadi wirausaha itu bisa dipelajari dan yang terpenting diasah. Kenekatan anda membuka usaha menjual voucher pantas diacungi jempol.
    Mengenai keinginan anda untuk berhenti dari pekerjaan saat ini kalo sudah bulatkan tekad, saya dukung. Karena dalam berwira usaha, selain dari segi uang anda akan mempunyai KEBEBASAN yang tidak ternilai harganya.

    Kalau anda serius menjalankan bisnis di atas saya sarankan langkah-langkah berikut ini:
    1. Lakukan survey dengan orang-orang yang sekarang menjalankan bisnis ini, dan mulai tanya-tanya tentang bagaimana mereka memasarkannya, dll.
    2. Lakukan survey ke pabrik-pabrik atau penampung yang dapat menjadi supplier potential
    3. Coba jajagi, siapa-siapa saja yang bersedia menjadi konsumen anda.
    4. Tentukan pada titik mana anda akan masuk di bisnis ini: menjadi penampung sementara, pengrajin atau sekedar investor kalo anda punya partner yang sangat dipercaya.
    5. Buatkan Business Plan anda meliputi: pemasaran, operasi dan keuangan sehingga pada saat anda menjalankan, anda akan lebih mudah. (ingat Fail to Plan is Plan to fail). Jadi dalam business apapun planning sangat diperlukan .

    Kalo anda punya waktu luang boleh survey ke tempat-tempat yang saya sebutkan di atas.

    Semoga Bermanfaat,
    Salam Bisnis

    Manuntun Sitinjak MM

    Like

  3. karan says:

    Haloo Semuanya,

    Aku ada limbah barang fleece, sisa export, ukurannya sangat besar untuk orang luar. Kalo ada yg berminat boleh contact aku.

    Thanks
    Karan

    Like

  4. ipunk n9/36 says:

    Pak Karan

    Fleece itu bahan apa ya??

    Like

    • griyabukitjaya says:

      bahan yang berbulu pak, seperti beludru gitu deeh kalo ga salah ingat…

      Like

  5. edison says:

    pak saya kenalkan saya edison.
    pak jika ad informasi tentang kain laken topi,dan interling<kain keras berapapun banyak`y jika cocok saya ambil pak.
    hubungin saya ya pak.
    di 08129622264.
    terima kasih ats perhatian`y.

    Like

  6. edison says:

    pak saya ingin berkunjung ke tempat2 yg menjual limbah garment disukabumi,
    tapi saya tahu alamat2`y.
    bisa bapak kirim kan alamat2`y agar saya bisa berkunjung kesana.
    via email saya ya pak
    num hp saya:08129622264.
    terima kasih banyak pak ats perhatian`y.

    Like

  7. agus says:

    pak aku punya kancing kancing hem ngak ya…?
    kl punya aku mau beli

    Like

  8. agus says:

    m5f pak tadi slah ketik….? Bapak punya kancing hem ngak maksud aku atau assoseries lainnya

    Like

  9. ghofur says:

    saya membutuhkan kain katun putih sisa garment ukuran 5 jari keatas, dngan stok yang stabil.
    nmr hp : 085850091120

    Like

  10. tri wahyuni says:

    trimakasih banyak atas informasinya pak.saya memang sangat tertarik pada bisnis ini.mdh2an amal baik bapak dibalas berlipat ganda sm yg diatas.amin.

    Like

Leave a Reply

