ANAK MELANJUTKAN SEKOLAH?

Tanpa terasa, masa kelulusan sekolah sudah dekat. Ujian Akhir sudah hampir selesai baik di SLTA, SLTP maupun SD. Orang tua sudah mulai kasak-kusuk mencari sekolah mana yang akan dituju untuk mendaftarkan anaknya. Informasi sekolah memang dirasakan kurang oleh masyarakat wilayah Gunung Putri tercinta ini, terutama untuk sekolah negeri. Sekolah swasta biasanya lebih agressif dalam marketingnya dan membuat spanduk, brosur dan informasi pemasaran lainnya.

Padahal, dilihat dari segi biaya, sekolah negeri juga tidak kalah mahalnya dari sekolah swasta, bahkan sudah cenderung lebih mahal. Bandingkan saja misalnya untuk masuk SMP negeri di wilayah Cibinong, Gunung Putri Citeureup, uang masuk dipatok sekitar Rp 2,5 juta, sementara untuk SMP Taman Rejeki uang pangkal hanya di kisaran Rp 1,5 juta . Mulai tahun ini untuk masuk ke sekolah negeri, tidak cukup hanya dengan NEM (Nilai Ebtanas Murni) tetapi dipadukan dengan hasil tes. Jadi belum tentu anak yang NEM-nya tinggi masuk di sekolah negeri.

TINGKAT SLTA

Mengingat UAN dan ujian akhir SMP sudah berakir, maka yang paling duluan sibuk adalah yang punya anak lulus SMP dan sekarang akan melanjut ke SLTA. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan, dan tentu yang terutama adalah mutu sekolah. Namun mengingat keadaan ekonomi sekarang ini, faktor biaya juga merupakan faktor yang sangat penting.

Ditambah lagi, SLTA adalah jenjang penentu sebelum anak siap untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Biasanya orang tua yang sudah merencanakan anaknya kuliah, akan lebih suka mengirim anaknya ke SMA. Tapi sesungguhnya, SMK merupakan pilihan yang paling tepat. Sebab disamping anak dapat melanjutkan kuliah, juga akan lebih siap kerja. Itu alasannya mengapa belakangan ini pemerintah menggalakkan SMK. Khusus untuk Kabupaten Bogor, jumlah SMK dan SMA hampir berimbang dari 252 SLTA.

Di sekitar Gunung Putri, Cibinong, Citeureup dan Cileungsi ada 35 SMA dan 32 SMK, jumlah yang sebenarnya cukup banyak. Untuk negeri, banyak yang memilih SMA-1 Cibinong, namun dari beberapa informasi yang didapat sebenarnya SMA ini tidak terlalu direkomendasikan karena cenderung sangat birokratis dan kurang kreatif. Biaya masuknyapun cukup mahal. SMA-2 Cibinong lebih direkomendasikan. Untuk swasta, anda boleh mempertimbangkan SMA PGRI-1 Plus di daerah Jl Golf Ciriwung. Sekolah ini sangat unggul dalam hal IT dan menjadi juara beberapa kali tingkat Nasional. Biaya sekolahnyapun relatif tidak terlalu mahal. Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi websitenya di http://www.smapluspgri.net

Bila SMK (SMEA) adalah pilihan anda dan biaya merupakan salah satu pertimbangan anda, sekolah yang paling direkomendasikan adalah SMK Taman Rejeki Cibinong. Biaya pendaftaran termasuk uang pangkal dan uang sekolah bulan pertama hanya Rp 500 ribu. Jurusan yang tersedia adalah Akuntansi dan Sekretaris. Pengalaman pengelolaan sekolah sejak 1984. Dari segi lokasi juga sangat strategis, cukup satu kali naik angkot dari Cicadas. Fasilitas yang ditawarkan juga tidak kalah unggul. Informasi lebih lanjut silahkan anda kunjungi websitenya di http://smktamanrizqi.blogspot.com

Untuk STM anda sepatutnya mempertimbangkan STM-1 Cibinong atau Gunung Putri.

TINGKAT SMP

Untuk tingkat SMP ada cukup banyak pilihan SMP negeri, mulai dari SMP-1 Cibinong, SMP-1 Cileungsi, SMP-1 Citeureup (Karanggan), SMP-1 Gunung Putri (Wanaherang), SMP-2 Gunung Putri (Bojong Nangka), SMP-2 Cibinong (Pemda) dan SMP Negeri Tajur Citeureup. Untuk swasta ada SMP Mardiwaluya & SMP Taman Rejeki keduanya di Cibinong, SMP Semen Kujang, SMP Puspanegara (Indocement), SMP PGRI Cileungsi, SPM PGRI Kelapa Nunggal, SMP Amal Mulia (Jl Raya Narogong), dll. Untuk negeri yang paling direkomendasikan adalah SMP-1 Citerureup, SMP-1 Gunung Putri, SMP-1 & 2 Cibinong.

Untuk SMP Swasta, bila anda ingin memilih sekolah yang mutunya cukup bagus namun biaya cukup ringan yang paling direkomendasikan adalah SMP Taman Rejeki. Biaya Pendaftaran hanya sekitar Rp 1,5 juta dan sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 80-an. SMP Mardiwaluya cukup bagus namun biayanya cukup mahal.

TINGKAT SD

Untuk tingkat SD, warga Griya mempunyai beragam pilihan baik untuk Negeri maupun swasta. SD negeri Gunung Putri-1& 2 (Center) dan SD Negeri Kebon Kacang termasuk sekolah yang direkomendasikan, dengan uang pendaftaran sekitar Rp 1 jutaan. Untuk swasta yang banyak diminati adalah SD Al-Salam di dekat kawasan Indocement, SD Taman Rejeki, Mardiwaluya, dan Eka Wijaya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencari sekolah terbaik untuk si buah hati anda.

Salam Pendidikan,

IR Manuntun Sitinjak MM

12 Responses to ANAK MELANJUTKAN SEKOLAH?

  1. ipunk n9/36 says:

    Sekolah dari GBJ cukup jauh ya. Gimana dengan sekolah2 di sepanjang trans yogi untuk SMP dan SMA, ada rekomendasi?

    Like

    • griyabukitjaya says:

      kalo smp setau saya ada al-azhar dekat kota wisata. lalu di kota wisata ada smp dan sma BHK. lalu terus ke arah cileungsi ada smp pgri. tergantung mau pilih yang mana. kalo kualitas BHK or al azhar boleh dipilih, kalo mau jajagi harga yang lebih murah boleh ke smp pgrinya. kalo mau yang dekat sih ada smp1&2 gunung putri di wanaherang & jalan alternatif bojong nangka (cikeas?). selamat mencoba (pak atau ibu?, maaf) Ipung.

      Like

      • yudi says:

        kalau smpn 1 gunung putri & smpn 2 bojong nangka biaya masuknya berapa ? mohon info. tks. Yudi

        Like

  2. eni says:

    Terima kasih informasinya, tapi sayang tidak disertai alamat jelas dari masing-masing seklah tersebut. Tolong kalau ada yang tahu alamat dan no telp SMP Negeri dan Swata yang dimaksud. Sehingga memudahkan kami orang tua yang memang membutuhkan.

    Like

  3. lulu says:

    untuk smpn 1 wanaherang apakah pendaftaran sudah dibuka??untuk siswa baru yg dari jakarta prosedurnya spt apa ya???

    Like

  4. salomo sinaga says:

    kalo utk smp swasta dkt daerah perum metland ada pak? Atau jalan raya narogong?trimakasih

    Like

  5. zaenal abidin says:

    Assalamualaikum…
    Saya punya anak yang sekarang kelas 6 sd,di kab bandung.
    Karena saya kerja di bogor,saya ada rencana untuk anak saya
    Melanjutkan study nya di bogor.
    Mohon saran nya,apa saja yg harus saya persiapkan?
    Dan apa masih ada kemungkinan bisa masuk di smpn1 cibinong/citeurep?
    Kira-kira apa saja persyaratan nya?
    Terimakasih atas segala saran& perhatianya.

    Wassalam…

    Like

  6. intan says:

    Mau tanya pak kalo sd swasta umum yang sekitaran 8 jt an ada kah di daerah cikeas sampai cicadas.seperti nya saya kenal bapak,dlu saya di sci

    Like

    • Hehe…sorry banget baru respon. Ya gak sampai segitu kali bu sari.
      Ya betul bu dulu kita di sky
      Terima kasih dah comment ya

      Like

      • sri intan says:

        Pak kalo sd swasta umum di sekitaran cicadas sampai nagrak ada tidak ya??saya ada rencana mau pindah ke daerah sana

        Like

      • Bu Intan, aku dah carikan datanya ada di sini ya, tinggal di klik aja.
        Good Luck ya Bu, untuk mindahin anaknya🙂

        Like

  7. Pasti ada bu, cuma nama sekolah nya saya kurang tau. Mungkin ada Bapak Ibu yang punya info nya nih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: